10 Fakta Menarik Tentang Tubuh Manusia

1. Usus Buntu ternyata bermanfaat


Biasa usus buntu kerap dihubungkan dengan penyakit. Banyak yang menyebut usus buntu adalah organ manusia yang hilang fungsinya jutaan tahun yg lalu. Yang sering terjadi adalah usus buntu yang terkena infeksi dan menyebabkan penyakit usus buntu. Akan tetapi baru2 ini ditemukan bahwa usus buntu sangat berguna untuk bakteria yang membantu pencernaan manusia. Bakteria memerlukan usus buntu sebagai tempat beristirahat dari aktifitas organ pencernaan yang selalu bergerak, dan juga sebagai tempat untuk berkembang biak sehingga populasinya mencukupi untuk membantu pencernaan kita.

2. Jumlah Atom

Atom sangatlah kecil dan tidak kelihatan sehingga susah bagi kita untuk mengira2 berapa banyak atom yang menyusun tubuh manusia. Ternyata jumlahnya sangat banyak sekali, orang dewasa tersusun dari 7,000,000,000,000,000,000,000,000,000 (7 oktillion) atom.

3. Evolusi Bulu kuduk

Bulu kuduk adalah sisa dari evolusi nenek moyang manusia. Mereka terjadi ketika otot yang sangat kecil di sekitar pangkal dari rambut menegang, menyebabkan rambut berdiri. Pada orang2 yang memiliki rambut tubuh tebal hal ini menyebabkan rambut di tubuh terangkat dan terlihat mengembang, sehingga menjadi insulator yang lebih baik.
Bulu kuduk kita berdiri ketika kita merasa ketakutan atau mengalami perasaan yang emosional. Banyak mamalia menegangkan bulu kuduknya ketika merasa terancam agar terlihat lebih besar dan terlihat berbahaya. Manusia awalnya memiliki sifat pertahanan yang sama tetapi sekarang sudah tidak begitu relevan lagi.

4. Molekul yang berukuran besar
Pada dasarnya segala benda terdiri dari molekul, dan bervariasi dalam ukurannya mulai dari sepasang atom seperti molekul oksigen hingga struktur organik yang komplek. Akan tetapi molekul terbesar ada di dalam tubuh manusia, yaitu pada 'Kromosom 1'. Sel normal manusia memiliki 23 pasang kromosom di inti selnya, setiap kromosom adalah molekul DNA yang tunggal dan panjang. 'Kromosom 1' adalah molekul terbesar karena mengandung sekitar 1 milyar atom, dan didalamnya terdapat informasi genetik yang dibentuk oleh molekul.

5. Rambut Rontok
Sepertinya susah dipercaya bahwa manusia memiliki jumlah rambut yang hampir sama dengan jumlah rambut yang dimiliki oleh simpanse. Hanya pada manusia rambut kita kurang begitu berfungsi dan sangat halus sehingga tidak begitu terlihat. Salah satu penyebab manusia kehilangan rambut badan yang tebal adalah karena rambut tipis membantu manusia untuk berkeringat lebih mudah dan membuat kutu dan parasit susah untuk berkembang biak.

6. Rongga Kosong pada atom
Atom yang menyusun tubuh manusia sebagian besarnya adalah rongga yang kosong selain nukleus, proton dan elektron. Walaupun banyak atom yang menyusun tubuh manusia tanpa ruang kosong dalam atom tadi tubuh kita bisa disusutkan menjadi sangat kecil, sehingga mampu ditempatkan di dalam sebuah kotak berukuran seperlimaratus centimeter di setiap sisinya.

7. Badan kita adalah debu bintang.
Setiap atom yang ada di tubuh kita berusia milyaran tahun. Atom hidrogen adalah unsur yang paling umum di alam dan juga di tubuh kita. Atom hidrogen yang ada di alam adalah hasil dari ledakan besar yang merupakan awal dari alam semesta sekitar 13,7 miliar tahun yang lalu. Atom yang berat seperti karbon dan oksigen berasal dari tempaan yang terjadi di bintang2 sekitar 7 dan 12 milyar tahun yang lalu, dan terlempar ke ruang angkasa ketika bintang2 tadi meledak. Ledakan tersebut sangatlah kuat sehingga terbentuklah unsur yang lebih berat dari besi. Kesimpulannya tubuh kita adalah debu dari bintang2 di angkasa.

8. Umur yang sebenarnya
Mirip dengan ayam kehidupan manusia bermula dari sebuah telur, bukan telur bercangkang keras seperti telur ayam. Telur manusia sangatlah kecil hanya satu sel dan berdiameter sekitar 0.2mm. Telur kita terbentuk di rahim ibu, akan tetapi sebenarnya telur kita sudah terbentuk ketika ibu masih didalam kandungan dan masih berbentuk embrio. Terbentuknya telur kita didalam embrio ibu kita dan setengah DNA yang diturunkan oleh ibu kita dapat dianggap sebagai awal mula eksistansi seorang manusia, dan sudah eksis sebelum ibu kita lahir. Jika ibumu berumur 40 dan kamu berumur 19, jadi sebenarnya umur kamu adalah 59 tahun.

9. Virus Alien
Yang tak kalah mengejutkan tidak semua DNA di dalam kromosom manusia datang dari nenek moyang manusia, beberapanya didapatkan dari tempat lain. Didalam DNA manusia modern terdapat gen yang berasal dari setidaknya 8 virus. Virus tersebut adalah jenis virus yang mengeksploitasi mekanisme sel untuk memproduksi DNA sehingga dapat menguasai sel. Pada suatu waktu dalam sejarah manusia DNA dari virus tersebut bergabung dengan DNA manusia. DNA dari virus ini ternyata mempunyai banyak fungsi penting dalam perkembang biakan manusia, akan tetapi DNA ini tidak ditemukan pada DNA nenek moyang kita.

10. Tubuh Manusia di luar angkasa

Jika kita menonton film sains fiksi, hal yang mengerikan akan terjadi pada tubuh manusia ketika dilempar keluar angkasa tanpa baju astronot. Tetapi itu hanyalah fiksi belaka, sebenarnya yang terjadi adalah kita akan merasa tidak nyaman karena udara yang ada didalam tubuh kita mengembang, tetapi tidak sampai meledak seperti yang terlihat di film. Walaupun cairan akan mendidih di ruangan vakum, darah kita akan mengalami tekanan yang normal karena diatur oleh sistem peredaran darah. Dan walaupun ruang angkasa sangat dingin, tubuh kita tidak akan kehilangan panas dengan cepat, karena ruang vakum adalah insulator yang sangat baik.
Pada prakteknya hal yang membunuh kita di ruang angkasa adalah karena kekurangan oksigen. Pada tahun 1965 seorang partisipan tes robek dan bocor baju astronotnya di dalam ruang vakum milik NASA. Korban selamat dan tetap sadar selama 14 detik. Ketahanan tubuh manusia di ruang vakum diperkirakan sekitar 1-2 menit.

Comments