25 Fakta Menarik tentang Jins dan Denim


Hampir semua orang pernah atau punya sepasang jins, sehingga denim adalah salah satu bahan terpopuler untuk pakaian. Ratusan perusahaan pakaian yang menjual item berbahan denim, yuk kita simak fakta2 menarik tentang jins/denim ini.

1. Dipercaya bahwa denim pertama kali di buat di Genoa, Italia, semenjak tahun 1500an. Ketika itu bahan ini digunakan oleh angkatan laut italia, untuk dipakai ketika sedang bertugas.

2. Walaupun italia yang pertama kali membuat pakaian berbahan denim, material untuk denim pertama kali didatangkan dari sebuah kota di perancis yang bernama Nimes. "De Nimes" yang diterjemahkan "Berasal dari Nimes".

3. Kata "Jeans" datang dari kata "Genes", yang merupakan sebutan orang prancis untuk kota Genoa.pocket watch

4. Denim sudah ada sejak ratusan tahun, tetapi pada tahun 1960an orang mulai melihat jins sebagai simbol memberontak dikalang anak muda pada saat itu. Banyak pusat2 kota yang menolak orang2 yang menggunakan jins karena mereka khawatir mereka adalah kawanan pemrotes.

5. Denim dikenal pada abad ke 16, Tetapi Levi Strauss lah yang mempopulerkan material denim pada tahun 1870pocket watchan. Dia membuat pakaian untuk penambang dan orang2 kelas pekerja/buruh karena bahannya sangat murah.

6. Total 225 pasang jins dapat dibuat dari satu bal kapas.

7. Kita umumnya mengenal jins berwarna biru, tetapi sebenarnya warna biru berasal dari pewarna tekstil indigo. Warna inilah yang paling cocok untuk menyembunyikan kotoran, cocok untuk penambang dan pelaut.

8. Setiap orang di amerika rata2 memiliki 7 pasang celana jins.

9. Jins Baggy dan Bootcut sangat popular di tahun 50, 60 dan 70 an, tetapi sekarang orang lebih menyukai jins skinny. Skinny jins dibuat dari campuran bahan denim dan elastene, yang membuat skinny jins elastis dan dapat meregang.

10. Levi Strauss, pendiri merek Levi's tidak pernah memakai jins buatannya sendiri. Dia adalah pebisnis yang kaya, sedangkan jins dibuat untuk orang miskin pada saat itu.

11. Jins denim sebelumnya tidak disebut sebagai jinpocket watchs sampai tahun 1950an, sebelumnya mereka menyebutnya Overall, atau pakaian kerja.

12. Label pakaian pertama kali dijahit pada jins pada tahun 1936. Label pakaian pertama adalah kain kecil warna merah yang dijahit pada kantong belakang celana jins levi's.

13. Sekitar 2,2 miliar meter bahan denim diproduksi setiap tahunnya.

14. Sekarang banyak sekali macam celana jins, seperti bootcut, skinny dan straight. Beberapa penjual bahkan memperbolehkan pembeli untuk mendesain jins mereka sendiri.

15. Sayangnya ribuan items dari bahan denim diproduksi di negara dunia ketiga dengan upah rendah, dan hasilnya dipakai oleh orang di negara2 barat.

16. Tanggal 20 mei adalah hari ulang tahun celana jins, itu adalah hari ketika levi's strauss mempatenkan idenya.

17. Jins di gunakan pada beberapa lagu seperti 'Blue Jeans' oleh Lana Del Rey tahun 2012 dan 'Forever in Blue Jeans' oleh Neil Diamond tahun 1979.

18. Jins Robek atau dikenal sebagai jins penderitaan, adalah salah satu pakaian yang sangat populer pada awal abad 21.

19. Setiap tahun sekitar 450juta pasang jins terjual di amerika.

20. Hanya bagian luar yang diwarnai biru sedangkan dalamnya tidak dikasih pewarna.

21. Celana jins tertua ditemukan pada tahun 1998 di dalam sebuah lubang tambang yang sudah tua. Umurnya sekitar 115 tahun.

22. Kantung kecil pada kantung depan awalnya digunakan untuk menyimpan jam saku.

23. Pada tahun 2001, George W Bush melarang staff di istana white house mengenakan celana jins.

24. Yoshida Kogyo Kabushikikaisha adalah perusahaan yang membuat sekitar 90% risleting untuk celana jins. Inisial YKK dapat ditemukan pada risleting.

25. Orang menyukai jins yang terlihat agak lusuh. Beberapa perusahaan seperti Calvin Klein menggunakan berbagai metode untuk membuat jins seperti lusuh termasuk membantingkan batu ke atas bahan denim.

Comments