Fakta2 Tentang Buah Jambu Biji


Siapa yang gak kenal dengan buah jambu. Dagingnya yang segar dan manis berwarna merah muda mempunyai kandungan yang menyehatkan dan dianggap sebagai buah super. Apa saja fakta2 mengenai buah jambu biji ini, mari kita ulas satu persatu.

1. Buah jambu ini dalam berbagai bentuk digunakan sebagai obat untuk berbagai banyak penyakit seperti demam, sembelit, diare, tekanan darah tinggi, hyper cholesterol, dan disentri.

2. Kayunya digunakan untuk membuat daging asap, atau memanggang daging dan menghasilkan aroma yang sangat terkenal di dunia.

3. Jambu biji mengandung 4 kali serat lebih banyak dibandingkan nanas dan 4 kali lebih banyak vitamin C nya dibanding jeruk.

4. Biji yang berada di tengahnya berjumlah 100 - 500 biji, dan dapat dicerna oleh tubuh.

5. Pohonnya tumbuh hingga 6 meter dengan bunganya yang berwarna putih, daunnya digunakan dalam membuat pewarna hitam pada industri tekstil.

6. Rentang umur pohon jambu adalah 40 tahun.

7. Daunnya yang masih muda bisa direbus dan airnya digunakan untuk membersihkan luka.

8. Asal muasal buah ini kurang begitu diketahui, tetapi banyak orang mengklaim buah ini berasal dari amerika tengah dan meksiko selatan.

9. Terdapat sekitar 150 jenis buah jambu biji.

10. Di El Salvador, kayunya digunakan untuk membuat sisir rambut.

11. India menghasilkan sekitar 27,000 ton buah jambu biji per tahun.

12. Columbia memiliki resep kuno menggunakan buah ini, buahnya ditumbuk halus kemudian dicampur dengan keju dan kemudian dimakan bersama roti.

13. Buah jambu memerlukan waktu sedikit lama untuk menghasilkan buah, rata pohonnya memerlukan waktu 2 s/d 8 tahun untuk besar dan menghasilkan.

14. Legenda di Philipina menyebutkan bahwa buah ini adalah buah terlarang, sampai akhirnya seorang anak berdoa kepada dewa agar buahnya dapat dimakan sehingga dia bisa memberi makan seorang pengemis.

15. Kebun buah jambu biji terbesar adalah di Brazil, Kota Dom Eliseu.


Seperti yang kita lihat banyak sekali fakta tentang buah yang cantik ini.

Comments